Tuesday, August 19, 2008
Dear rekans,

Celebration hari ini buat saya adalah dimana saya akhirnya un-install microsoft office (bajakan) dari notebook saya yang selama ini saya kenal dan sudah familiar dengannya mulai dari versi sebelum versi 2003 kemudian versi 2007.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengunduh star office 8 yang katanya sangat menyenangkan bekerja dengannya karena merupakan open source yang setiap orang boleh saja memilikinya bahkan menduplikasinya ke sesiapa saja dan memang benar saya sudah mulai terbiasa dengannya. Malahan beberapa feature yang ada di star office 8 ini tidak dimiliki oleh aplikasi hasil olahan tuan bill gates.

Hanya saja diawal saya mulai tertarik dengan open source karena di aplikasi microsoft office ada saja virus berjenis worms yang bercokol di application file (seperti winword.exe) yang sangat susah dihilangkan, mungkin sengaja pula disebar oleh perusahaan microsoft untuk melacak dan menyerang software yang di-craked maupun yang bajakan. Sebelum saya uninstall penuh microsoft office 2007 saya mulai dengan officeOrg (OOo) versi 2.4 dan mulai saat itu saya mulai jatuh cinta dengan open source yang setiap kali ada development features baru kita dinotifikasi untuk mengupgrade.

Alhasil di notebook saya ada 2 tipe open source office application dari dapur yang sama SUN, yakni OfficeOrg 2.4 dan StarOffice 8 dan sekarang saya bingung yang mana yang mesti saya hilangkan sehingga saya hanya bekerja dengan satu applikasi saja.

Aplikasi email open source yang saya pake sekarang adalah thunderbird auto configured dengan RSS, dan google mail sehingga saya bisa baca berita/artikel dari banyak sumber hanya sekali click membalas email google secara offline + add on calendar

Saya ingin dengar share dari rekans lain yang sudah lebih awal mempergunakan 2 open source diatas, mana sebenarnya yang lebih flexible maupun aplikable dengan tugas keseharian kebutuhan apakah OfficeOrg atau StarOffice 8?

lotta loves from,

0 komentar:

Post a Comment

hey...thanks for your post, i really appreciate it.

join me on