Wednesday, March 17, 2010

Saya tidak mimpi di siang bolong, tapi saya percaya tidak lama lagi kita hanya akan menemukan sebuah icon di layar komputer sebagai pembuka masuk ke dalam sistem ataupun jaringan, lebih ekstrimnya tidak akan ada lagi sebuah aplikasi yang terinstall didalam komputer tersebut, yang diperlukan adalah hanya koneksi internet super cepat, secepat kita membuka sebuah file yang tersimpan di hardisk saat ini.

Saat ini, google telah memperkenalkan sebuah paradigma baru dalam dunia computing. Sebut saja sebuah virtual hardrive sebuah penyimpanan data layaknya sebuah flashdisk, google docs dimana kita bisa mengetik, membuat balance sheet ataupun presentasi bahkan membuat sebuah template angket pertanyaan yang bisa interaktif sehingga datanya bisa diolah. Belum lagi kita bicara OS generasi masa depan yang telah diliris dan bisa diunduh secara gratisan buatan google yang bernama “google chrome” yang akan menjawab semua teka teki dari istilah “cloud computing”. Ini sebuah revolusi di dunia IT yang terus terang meninggalkan sebuah pertanyaan besar di kepala saya “Apakah kita harus menyerahkan semua data kita kepada google”? Kita simpan dulu pertanyaan itu.

Terus terang saya bukan ahli di bidang telematika, saya hanya pemakai sebuah netbook untuk menunjang keperluan pribadi maupun pekerjaan yang senang dengan platform open source. Ketika saya membeli Netbook BenQ Joybook Lite U101 tahun lalu, saya hanya sebenarnya hanya tertarik karena bisa ditambahkan modul internal modem GSM 3G dari Sierra yang sudah mendukung driver di Linux – Ubuntu. Jadi dimanapun saya berada, saya bisa terkoneksi dengan internet bahkan pada saat saya bergerak.

Memilih Distro Yang Cocok untuk Netbook
Perilaku Netbook yang berbeda dengan Notebook maupun Desktop tentunya harus disesuaikan dengan OS maupun aplikasi lainnya untuk menyesuaikan ukuran layar yang lebih kecil dan serta aplikasi yang harus ringan tapi tidak mengurangi kinerjanya tanpa memberatkan processor Netbook yang tidak didesign untuk beban berat. Ada beberapa distro linux yang tersedia saat ini dan bisa diunduh secara gratis seperti Moblin, Ubuntu Remix, Jolicloud, semuanya mempunyai keunggula masing masing. Secara teknikal, saya tidak menemukan ketidak sesuaian, semua driver dikenali dan bekerja dengan baik, akan tetapi memilih distro di linux seperti kita memilih pasangan hidup, keduanya harus saling menyesuaikan meskipun pada akhirnya kita akan merasa terbiasa dan nyaman bersamanya.

Setelah saya mencoba semua distro Netbook, pilihan terakhir saya adalah Jolicloud. Sebuah Distro berbasis Ubuntu 9.04 Jaunty yang telah di-remaster dan disesuaikan untuk kebutuhan “fully mobile” saya tidak perlu lagi menyesuaikan konfigurasi atau menyetting modem GSM/CDMA bahkan untuk koneksi handphone yang mendukung auto-joint-network baik menggunakan koneksi kabel maupun bluetooth tinggal colokan saja langsung anda terhubung dengan internet, serta “end-design-layout” yang memikat mata, tanpa meninggalkan sedikitpun keunggulan Ubuntu. Memang dibandingkan dengan Ubuntu Lucid (10.04) yang akan dirilis April 2010 sebagai distro yang mendukung LTS (Long Term Support), Jolicloud terlihat tertinggal dalam perkembangannya selama satu tahun dari platform ubuntu yang ada ditambah Jolicloud yang saya gunakan masih dalam fase BETA, alias belum menjadi sebuah RC (Release Candidate), sebenarnya masih panjang jalan yang harus ditempuh menjadikannya sebagai seduah distro yang benar benar patut dijadikan versi rilis (akhir). Tapi menikmati Jolicloud laksana saya menikmati iPhone ala jailbrake dengan firmware terbaru berbasis open source Linux Ubuntu yang pada akhirnya “membiarkan pikiran saya tenang” dan bekerja dengan “style”.

Sebagai pengguna linux saya tidak menyarankan anda membuang Windows XP asli prabrikan netbook asalkan saja aplikasi lainnya bukan sofrware bajakan, gunakanlah aplikasi freeware yang bisa diunduh di www.filehippo.com atau opensource berbasis Windows. Lalu installkan Jolicloud langsung dari Windows XP dari sini http://www.jolicloud.com/download#jolicloud-express selanjutnya jangan salahkan saya kalau anda akan kecanduan memakai Jolicloud ketimbang Windows XP.

Jika anda membaca artikel ini, baca juga:



lotta loves from,

0 komentar:

Post a Comment

hey...thanks for your post, i really appreciate it.

join me on