Friday, May 21, 2010
Yang bego ga usah beli N900

Kalau bukan pengguna LINUX, mendingan ga usah deh beli N900. Karena HP mahal nan canggih ini ya percuma kalo cuma buat numpang mejeng di tangan kamu hanya buat update FB, Twitter. Pastinya akan terasa boring  mendingan beli aja BB atau paling banter Android yang masih bermain di mainstream business ponsel atau mungkin iPhone yang masih gape dengan multimedianya. Dan kalo gak berlangganan unlimited paket data, ya sekalian buang aja tuh gadget yang elo beli mahal mahal. Atau tunggu saya yang lempar, sekalian ke mukamu.!!

Alhasil, kalo kamu gaptek dan miskin apalagi bukan pecinta open source. Stay away from N900 is the best advise. Kamu boleh bilang saya sombong, tapi fakta yang harus dipertimbangkan ya memang benar adanya seperti itu. So, here some comments and tips on N900 users;

Tidak seperti di iPhone yang sudah saya jual lammaaa banget, yang mesti di jailbreak untuk mendapatkan aplikasi gratisan dari cydia dan sejenis penyedia lainnya seperti lychee, atau android yang mesti cari rom  yang cocok hasil nge-root yang juga trial in error dalam me-reflash android yang kebanyakan aplikasi harus bisa dilakukan di enclair hasil hacking.

Nokia terlihat tidak serius dalam menangani Maemo, malahan Meego terlihat segera mengambil alih pasar ponsel berbasis Linux dimasa yang akan datang. Sementara Firmware resmi yang ada di pasaran untuk N900 masih F.3 dan ini sama sekali ga baik, bagaimana sebuah ponsel mahal mengecek pulsa dengan hanya menekan kode *111*4  seperti ini tidak bisa  diterjemahkan dan dianggap suatu string yang salah! I said, Nokia you are a looser! Saya tidak memakai Nokia lagi hampir sepuluh tahun, sampai N900 ini muncul ke permukaan karena Maemo, jadi saya TIDAK BELI NOKIA, tapi SAYA BELI MAEMO (red. linux).

O ya, satu hal. Jika selama ini kalian pikir linux itu adalah "paket ekonomi" apalgi gratisan salah besar! Karena resources yang dibutuhkan justru memerlukan hardware yang terkini, jika memang ingin mengoptimalkan seluruh aplikasi baru yang tentunya harus menjawab kebutuhan hardware anyar ketimbang menyikapi hardware lawas yang bisa diaplikasikan Linux. 

CMIIW Buktikan kalo omongan gue salah!

OVI membuat N900 Murahan

Sejak menjadi orang Jogja pertama yang membeli N900 versi Agen Resmi Nokia di Amplaz Jogja, saya tidak pernah mengunjungi namanya Avi Store untuk mendownload atau menggunakan feature avi, kecuali avi messanger yang sesekali saya testing untuk avi chat dengan kawan sesama Nokia yang punya fasilitas OVI, at least lebih baik ketimbang BBM-an yang kacangan itu.

Kenapa? Ya karena N900 itu sebenarya sebuah komputer berbasis linux yang bisa dipake untuk nelephone dan SMS, jadi jangan ditanya kemampuan apalagi yang bisa dikerjakan oleh N900 ini. Kan saya bilang kalo kamu gaptek dan bukan pengguna linux ga usah beli apalagi baca artikel ini sampai habis. GET OUT NOW!! Selain itu  OVI Store memang telah menyediakan beragam aplikasi bagi  Nokia N900. Sayang jumlahnya masih sangat sedikit. Sebenarnya ada beragam aplikasi tersembunyi pada platform Maemo tersebut. 

Bagaimana cara mengaktifkannya?

Seperti di Linux. Ada namanya Repository, katakanlah sebuah perpustakaan lintas jaringan yang besar, sampai sampai kamu akan tersesat didalamnya.  Beragam aplikasi tersembunyi tersebut bisa diakses dengan mengaktifkan  repository Maemo. Tak perlu repot, semua sudah ada dalam Application
Manager. Pengguna pun bisa mengunduhnya langsung dari ponsel.

Langkah yang harus dilakukan adalah menambah beberapa katalog baru  yang ada dalam Application Manager. Untuk menambahkannya pengguna   perlu masuk ke Menu --> Application Manager.

Dalam Application Manager, terdapat tiga ikon: Uninstall, Download, serta Update. Nah, untuk menambah katalog baru pilih menu Application Manager di tengah atas, kemudian pilih Application Catalog. Beberapa pilihan katalog akan muncul. Yang akan kita lakukan adalah menambah tiga katalog baru, yang berfungsi membuka 'lemari tersembunyi' beragam aplikasi baru nantinya.

Untuk melakukannya pilih New. Setelah itu, isi sesuai perintah dibawah ini:

1. Maemo Extras Catalog Details :

* Catalog name: Maemo Extras
* Distribution: fremantle
* Components: free non-free
* Pilih Disabled, kemudian Save.

2. Maemo Testing Applications Catalog Details :

* Catalog name: Maemo Extras-Testing
* Distribution: fremantle
* Components: free non-free
* Pilih Disabled, kemudian Save

* Untuk Repository Extras-testing ini, beragam aplikasnya masih dalam
tahap tes dan belum sempurna. Beberapa aplikasi kemungkinan bakal
crash.

3. Maemo Developer Testing Applications Catalog Details

* Catalog name: Maemo Extras-Devel
* Distribution: fremantle
* Components: free non-free
* Pilih Disabled, kemudian Save

* Untuk Repository Extras-Devel ini, beragam aplikasnya masih dalam
tahap tes dan belum sempurna. Beberapa aplikasi kemungkinan bakal
crash.

Setelah ketiga repository tersebut aktif, dalam Application Manager --> Download nantinya bakal muncul puluhan aplikasi yang siap dijajal pengguna. Saat dijajal saya, beberapa aplikasi emulator memang cukup lancar. Namun ada juga aplikasi yang belum siap, sehingga tidak  dapat berjalan sempurna.

Berdasar catatan Saya, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang cukup menarik dan sudah berjalan sempurna:

Game Emulator:

* DrNokSnes (Emulator Super Nintendo)
* iNes (Emulator Nintendo)
* Master Gear (Emulator Game Gear SEGA)
* Pico Drive (Emulator SEGA Mega Drive -16bit)
* VGB (Emulator Game Boy)
* psx4all (Emulator Playstation)

Jejaring Sosial:

* BarrioSquare (aplikasi FourSquare)
* Witter (aplikasi twitter)
* Tweego (aplikasi twitter)
* XChat IRC Client (client IRC chat bagi Maemo)

Lain-lain:

* Flashlight (mengaktifkan fungsi lampu senter)
* fMMS (memberi fungsi MMS)
* Chromium (brwoser Google Chrome)
* Mozilla Firefox (browser Firefox)
* Pedometer Home Widget (Pedometer)
* Personal Dataplan Monitor (memonitor pulsa GPRS)
* Pidgin (aplikasi IM)
* Fring (aplikasi IM)
* Recorder (aplikasi perekam suara)
* LuxMeter (aplikasi lightmeter) 


Salam Linux, semoga cepat pinter. Halah

lotta loves from,

2 komentar:

Anonymous said...

yap :)
saya punya teman yang baru beli nokia serupa, cuma dipake buat denger musik, pas saya liat ada terminal, aptitude...
wah, ternyata berbasis linux.... :)
Makasih mas, saatnya hp tersebut dioprek semaksimal mungkin.

didin.jamaludin said...

@Ardyataray

Thanks buat komennya, ternyata tulisanku ada yg baca hehe

Post a Comment

hey...thanks for your post, i really appreciate it.

join me on