Saturday, October 20, 2007

Sumpah! Rasanya waktu berputar sangat lambat. Orang di kampung (red. Maaf bukan orang kampung yang terksesan kampungan, tidak !) mereka mulai aktifitas rutin lebih awal dari orang kota dan begitupun mereka lebih cepat membenamkan kepala di bantal juga cepat.

Bukannya gue juga sok orang kota yang aktif dengan seabreg kegiatan sosial, tapi ya itulah memang kenyataannya. Alhasil gue sendiri yang harus menyesuaikan diri dengan ritme kehidupan disini, makanya setiap kali gue mudik selalu bawa notebook, buat mengusir kejenuhan.

Mungkin tip dibawah ini akan membantu sesiapa yang bernasib dengan gue:

· Saatnya mulai menulis artikel baru untuk blogging.

· Mengatur foto-foto digital yang selama ini cuma di-dumping di folder yang tak beraturan.

· Mengomentari postingan dari milis yang di-unduh secara offl-in.

· Menulis email untuk teman-teman lama yang hampir terlupakan.

· Mengedit address book email, serta membuat group untuk memudahkan komunikasi.

· Memback-up email dan adress-booknya. Ini penting dilakukan at least 1x setiap 6 bulan, karena kalo tiba2 ada sitem crash, kita masih bisa ngeback-up paling tidak data yang terkahir.

· Melirik-lirik file kerjaan kantor, juga boleh asal jangan terlalu serius. Malah nanti elo di kantor gak ada kerjaan pada saat lo masu kerja. hi hi hi hi hi.

Ya kalo nggak bawa/punya notebook coba deh utak-atik HP yang mana darimana kita sampai hari ini pasti menyimpan paling tidak 30% data temen kita yang nomor HPnya udah ganti atau nggak aktif lagi, atau mungkin 1 nama dengan 3 nomor berbeda entah itu nama 1 orang atau lain orang.

· Coba untuk miscall semua nomor, kalo memang masih aktif biarkan di phone-book, tapi kalo sudah nggak aktif ya delete aja.

· Rapihkan phonebook dengan cara:

o Sorting nama-nama sesuai dengan kotanya. Contoh: YK Jono Jakal, Jkt Maria BCA, Bdg Ario ITB, dengan cara begini kita akan lebih mudah mengingat nama.

o Kelompokan nama-nama sesuai dengan kepentingan. Ini memudahkan dalam broadcast sms tentunya.

· Buang-buangin deh tuh sms yang gak penting-penting, jangan sampai HP lemot gara-gara memori kepenuhan dengan sms yang bikin memori bengkak.

· Cek lagi kapasitas memori, apa memang beberapa aplikasi yang kita jejalkan ke HP bener bener digunakan atau Cuma biar gak disebut kuper. (Jangan isi memori card dengan banyak aplikasi, kalau tak mau HP nge-hang ato lemot).

· Kalau yang punya HP bercamera, pasti nyimpen foto2 hasil jepretan. Copy dan save berkala ke komputer supaya kapasitas penyimpanan cukup menyimpan foto-foto baru pada saat yang dibutuhkan.

· Saatnya yang tepat untuk ngeback-up sistem + data HP, terutama phebooknya. Sinkronkan dengan fasilitas software dari masing-masing bawaan HP, atau kalo ada fasilitas backup ke memory card sudah cukup.

Alhasil dari 2 item yang gue lakukan diatas:

· Email management di notebook gue sangat rapi, beberapa postingan di milis maupun email2 dari temen yang sekiranya gue penting untuk disimpan, gue buatkan folder khusus. Saat ini ada 5 folder di Inbox dan 1,600 email yang disave sejak 2005. Uffs, masih kebanyakan ya ?

· HP terasa lebih ngangkat pada saat dijalankan aplikasi tambahan maupun sms, ringan dan cepat.

· Beberapa temen yang dah gak lama dikontak malah sms dan mulai komunikasi baru.

dj, misscall-is-part-of-maintaining-a-frenzip

0 komentar:

Post a Comment

hey...thanks for your post, i really appreciate it.

join me on

translate this page

Blog Archive

Subscribe to Feed


who viewed me

visit Jogja

Visit Yogyakarta / Jogja