Saturday, October 20, 2007

Maximum Speed:

· Yakinkan kendaraan ditunning sempurna di bengkel resmi 2 hari sebelum berangkat. Dengan mengecek fungsi; rem, tekanan angin, oli mesin,minyak rem, kondisi ban, dan lampu2).

· Sediakan buat jaga-jaga kendaraan; Fuse (sikring) kelistrikan sesuai dengan amphere yang standar, 1 bohlam lampu depan, 1 ban dalam, obeng (2 mata plus minus), tang berlapis karet, kunci busi, kunci inggris kecil, 1 busi baru, jas hujan).

· Hindari pemasangan aksesories kendaraan yang akan memperngaruhi sistem keamanan ataupun sistim kerja mesin dan kelistrikan kendaraan (lampu2 hias, kanlpot & klakson “bodong”, stang motor yang tidak standar, ban & pelek yang tidak sesuai, ceper, dll yang tidak standar pabrik)

· Kalo perlu sediakan 1 botol kecil “power booster” yang sebenarnya adalah detergen bensin yang menguapkan kadar air di karburator sehingga pengapian sempurna. Takaran untuk 1 tangki Mio Rp. 15,000 (3.5 liter) masukan 2 tetes “power booster” hasilnya DAHSYATT!! Mesin sangat responsive dengan daya akselerasi tinggi. Tidak perlu mengganti premium menjadi pertamax karena perilaku mesin premium memang memerlukan daya kerja sifat premium bukan sifat pertamax (apa ya sekarang namanya).

Street-Fashion:

· Direkomendarikan memakai pakaian berwarna terang karena akan memberikan alert secara visual untuk pengendara lain tentunya hindari warna gelap (hitam) karena hanya akan menyerap panas dan tidak eye-catching getoloh. Cong!

· Jaket tebal yang body-size dengan riesleting depan, jangan memakai jaket yang longgar ataupun jacket yang bertutup-kepala (hooded) karena hanya akan mengumpulkan angin yang masuk lewat leher, yang berakibat masuk angin dan bersifat non-aerodimamic buat laju motor.

· T-Shirt tidak ketat yang menyerap keringat.

· Kaos kaki yang agak tebal terbuat dari katun dan sepatu yang menutupi tumit (sejenis sniker, ato ½ boot), dengan karakter sepatu yang tidak berat tentunya (kurangi beban).

· Celana panjang terbuat dari katun yang agak longgar (rekomendarsi celana model dock yang banyak sakunya tertutup, ini berguna untuk simpan kelengkapan lain.

· Sarung tangan yang menutupi semua jari (hindari bahan yang terbuat dari polyster karena hanya akan menyerap panas) dan dengan permukaan telapak sarung tangan yang tidak licin supaya daya cengkeram tangan stabil di stang motor.

· Helm standar yang melindungi kepala bagian belakang sampai ujung leher dan melindungi muka sampai kearah dagu (tidak perlu yang sampai menutupi dagu karena elo toh bukan road-racer yang notabene akan mengurangi radius pandang).

o Kaca helm menutupi seluruh muka dari jidat sampai dagu yang bisa di-adjust tutup buka. Akan terasa berguna sekali saat malam ataupun hujan.

o Redup kaca helm maximal gelap 30% karena disaat siang tidak terasa terlalu terik dan masih jelas daya lihat sampai terjauh batas mata normal, dan juga pada saat malam hari, namun jika dirasa penerangan malam hari kurang kaca helm bisa diangkat untuk menambah daya lihat.

Beauty-On-The-Road:

· Pakailah boxer jangan Cd segitiga apalagi G-strig (jangan deh), karena gimanapun area situ yang sering dicuci dan diraba tapi nggak pernah dijemur apalagi disetrika adalah aset utama yang sekarang dipertaruhkan kualitasnya untuk over-heated-situation. Jadi perlu ruang gerak dan space sehingga ada cooling-system yang meneralisir temperatur yang tidak diharapken. (you know what, saat anda sedikit membungkuk untuk menambah akselerasi saat menyalip untuk menghindari turbulence dan menciptakan aerodinamic-shape, celana panjang longgar lo yang sedikit melorot dibawah pinggul akan memperlihatkan boxer-sexy-lo yang bikin motorist di belakang lo tabrakan-beruntun).

· Pakailah “tabir surya” (hihihi lucu nyebutnya untuk “sun-block”) yang tahan min 6 jam bersifat tidak hanya melindungi kita dari UV (yang notabene tidak bersahabat untuk kecantikan kulit setelah jam 7 pagi) tapi juga kombinasi proteksi dari UVA+UVB serta mengandung vitamin E yang akan menutrisi kulit dan menjaga kelembaban kulit. Do I sound like a “Clinique” Beauty Consultant?

· Sediakan tetes mata yang bersifat menyerupai air mata, karena airmata tidak diproduksi setiap kali dan kita perlu membersihkan pollutant jalanan dari cornea mata, tentunya untuk mata yang cantik.

· Pembersih muka beralkohol, seperti tissu basah yang simple bisa disakuin membuat muka cerah serta segar.

Comfort-Me:

· Beristirahatlah setiap min 2 jam sekali selama min 15 menit, max 30 menit (setiap 4 jam) kalo kelamaan-lama-lama-males bo! Saatnya meng-tunning (pipis or ee, isi bensin kendaraan, cek tekanan ban, cek lampu2, sholat, makan, ngeroko, siesta kalo bisa kalo nggak rebahan aja ini perlu untuk balancing tulang punggung, minum air mineral yang banyak (boleh lah pake dopping sekarang ada pocari sweat, ada extra joss, named it semua ada di sepanjang jalan) bahkan extra joss gratis dibagi-bagi gila emang yee “the power of marketing”.

· Hindari makanan yang pedas dan berlemak karena hanya akan membuat lo nggak nyaman di jalanan. Konsumsi buah akan menyegarkan badan.

· Sediakan selalu air mineral botol kecil selama perjalanan, untuk menjaga dehidrasi. Minum beberapa teguk jika berhenti di lampu merah.

Gym-On-The-Street:

Selama berkendara usahakan seluruh anggota tubuh digerakan (tapi jangan joget) agar peredaran darah senantiasa lancar dan oxygen yang ada dalam tubuh dibantu mengalir di sela-sela serat otot tubuh.

@ the traffic light (Berhenti)

· Berdiri dari jok motor, kemudian angkat badan dengan mengangkat tumit kaki mirip balerina lagi pemanasan (hihhihi).

· Tetep duduk di jok, balikan badan kearah kiri segaris dengan badan motor tempatkan tangan kanan di stang sebelah kiri dan tangan kiri di jok bagian kanan dibelakang pantat dan “krek” bunyi otot kaku di pinggang akan meregang relax, ulangi untuk arah berlawanan.

· Masih duduk tegak di motor. Tekan ujung kaki kemudian putar searah jarum jam sebanyak 5 kali dan berlawanan arah jarum jam sekali lagi.

· Lepas kedua jemari tangan dari cengkeraman di stang motor, tapi masih tangan memegang stang motor kemudian lakukan gerak senam jari-jari tangan membuka dan menutup.

· Lakukan pula senam muka dengan mengkerut dan menarik dengan otot pipi dan dan rahang (kalo liat dikaca muka lo pasti jelek). Bisa juga dilakukan saat kendaraan melaju.

· Masih duduk di motor, remaskan jemari tangan kanan dan kiri lalu tarik dengan telapak tangan menghadap keatas kepala dan dorong semaksimal panjang tangan anda kemudian tarik kearah kepala anda, lakukan sebanyak min 3 kali dan diakhiri dengan posisi tangan meregang diudara selama ½ detik.

· Putar leher perlahan tapi menghentak searah jarum jam dan ulangi memutar berlawanan jarum jam sampe terdengar “krek” otot pundak yang kaku.

on the move:

· Sesekali angkat pantan lo dari jok motor dan lakukan mengayun badan keatas dan kebawah sementara kaki menekan di step motor.

· Dengan tangan sebelah di stang motor, gerakan jari-jari tangan dengan cara membuka dan menutup jari membentuk “keppel” dengan tenaga dikumpulkan diujung jari.

· Gerakan kari dengan cara memutar tumit kearah jarum jam dan berlawanan sebanyak masing masing 5 kali putaran.

· Gerakan kaki seakan akan sedang mengayuh sepeda onthel.

· Dengan kedua tangan menekan di stang motor, gerakan bahu dan pangkal lengan lo dengan gerakan memutar kedepan dan kebelakang masing-masing 5 putaran.

· Jangan menahan kentut (cukup angkat pantat dikit, atau miringkan badan).

· Pindahkan sesekali kedua kaki menapak di step belakang (boncenger).

Other tips for safety:

· Kurangi beban berlebih (excess baggages), lo kan bukan mau pindahan kos.

· Nyalakan lampu buat speda motor, bukan buat kita melihat kendaraan lain tapi buat kendaraan lain melihat kita. Titik!

· Dilarang balapan ini bukan ajang road-race (inga2 keluarga menanti, halah).

· Ikuti dan taati rambu-rambu jalan.

· Konsentrasi penuh ke jalan, terutama mata dan fikiran. Jangan memikirkan lain kecuali keselamatan berkendara apalagi menghayal jorok!

· Menyalip mobi dari kiri syah-syah aja tapi dengan catatan batas toleransi yang luas.

· Pasang spion motor tuh yg standar minimal 1 sebelah kanan.

Ethique-on-the-road :

· Selalu pasang lampu isyarat belok kalo mau belok kiri atau kanan termasuk mau nyalip atau sesudah nyalip.

· Matikan lampu isyarat belok kalo sudah membelok dan berjalan lurus.

· Gunakan seperlunya klakson. Karena malah akan mengagetkan!

· Berusahalan tetap tersenyum kepada sesama motorist. Kalo gak ada orang jangan senyum terus, ntar disangka gila.

· Lebih baik mengalah (memberikan jalan kepada orang lain), kecuali dalam kasus gue ama shogun itu (hehe tetep ngeles).

· Beberapa hukum jalanan yang tidak tertulis di buku panduan pembuatan sim:

o Jika ingin menyalip kendaraan besar (truk, bis luar kota) pasang sein kanan dan nyalakan kedipkan lampu jauh beberapa kali. Jika sopirnya merespon biasanya dia akan menyalakan sein KIRI pertanda JANGAN NYALIP DI DEPAN ADA RINTANGAN, sebaliknya kalo dia menyalakan sein KIRI pertanda OK TO GO. Kalo nggak ada respon sama sekali berarti supir tembak ( hahahaha ) alias go on your-own-risk.

o Nyalakan klakson sesaat setelah menyalip atau sambil lambaikan tangan kiri pertanda terimakasih sudah memandu atau memberi jalan.

o Jika kita di posisi depan dari motor lain saat menyalip, lambaikan tangan diatas kepala mengarah kedepan pertanda kasih kesempatan kepada pengendara motor lain untuk ikut.

First-Aids

Gak banyak yang gue persiapkan untuk ini, gimanapun gue serahkan jiwa raga gue sama yang diatas saat gue melaju. Tapi biasnya gue bawa 3 butir panadol extra, 2 butir entrostop, dan 2 butir wes-ewes-blablas-angine.

dj, B-B-B-B-B-B (Bold-Brave-Beauty-Brain-Behaviour-BeAware)

0 komentar:

Post a Comment

hey...thanks for your post, i really appreciate it.

join me on

translate this page

Blog Archive

Subscribe to Feed


who viewed me

visit Jogja

Visit Yogyakarta / Jogja